banner 728x250
Tak Berkategori  

Faizal Risa Harap Pilkades Serentak di Lamtim Dilaksanakan Tahun Ini

Avatar
banner 120x600

Lampung timur – Belum adanya kepastian dari Bupati Dawam Rahardjo tentang Pilkades serentak tahun 2023 di Lampung timur, dilaksanakan atau ditunda, menuai kritik dari fraksi NasDem DPRD Lampung Timur.

Menurut Fraksi NasDem, wacana Pilkades 2023 telah lama digaungkan oleh publik dan para kepala desa di Lampung timur serta telah di anggarkan oleh DPRD

“Surat dari Kemendagri Nomor : 100.3.5.5/244/SJ, tanggal 14 Januari 2023, tentang Pelaksanaan pemilihan kepala desa telah ada, lalu anggaran untuk pelaksanaannya telah dianggarkan, jadi tak ada alasan bila Eksekutif akan menundanya pasca Pemilu atau mundur sampai tahun 2024,” jelas Faizal Risa ketua fraksi NasDem DPRD Lamtim.(30/01/23).

“Kami berharap agar pilkades dapat dilaksanakan di tahun ini (2023) dengan pertimbangan pilkades merupakan pesta rakyat yang memang di tunggu – tunggu oleh masyarakat desa, jadi bupati harus berpikir realistis karena masih banyak PR (Pekerjaan Rumah) yang harus diselesaikan di Lampung timur di luar kontektasi Pilkades”,tegas Faizal Risa

Lebih lanjut ia menyampaikan ada kesan “pengiringan” pilkades akan digelar 2025

“Karena kami menduga ini ada opini Penggiringan agar Pilkades 2023 ditunda dan akan dilaksanakan di tahun 2025 mendatang, artinya kok terkesan ada kepentingan tertentu secara politis,” tambahnya.

Senada dengan fraksi NasDem,Wahid ketua forum kades kecamatan Gunung pelindung juga mengatakan hal tersebut saat RDP dengan ketua DPRD dan komisi 1 beberapa hari yang lalu.

“Bila pilkades ditunda akan rentan menjadi ajang politik tertentu dan juga kepentingan tertentu yang mana bila 112 desa tersebut di isi oleh Penjabat (Pj) kepala desa,selain itu dikwatirkan pula akan menimbulkan berbagai asumsi dari masyarakat”jelas Wahab.(27/01/23).

Sementara ketua APDESI Lampung timur Guna Wijaya berhara agar Pilkades wajib digelar tahun 2023.

“Kami berharap DPRD Lamtim dapat mendukung agar pelaksanaan Pilkades bagi 112 Desa tersebut dapat terlaksana. Sebelumnya hal ini juga telah pernah kami koordinasikan ke Bupati. Beberapa waktu lalu kami juga sudah kordinasi ke Bupati dan berharap agar kepastian Pilkades ini dapat dilaksanakan,” ungkap Guna Wijaya.(*/Tim)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *