Gubernur Kepri Mulai Pembangunan Rumah Sakit Pembantu TNI AD Batam

Tak Berkategori14 Dilihat

KEPRI – Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad melakukan peletakan pertama pembangunan Rumah   Saktit Pembantu (Rumkitban) TNI AD di  Bengkong Permai Kota Batam, Sabtu (22/10).

Gubernur Ansar mengatakan, bahwa pembangunan bidang kesehatan menjadi salah satu fokus utama pemerintah. Dijatakan Ansar bahwa Pemerintah juga terus berupaya membangun berbagai sarana dan fasilitas kesehatan sebagai penunjang kesehatan masyarakat di Kepri.

Sebagai  tugas mandatori yang mesti diimplementasikan, hari ini  Pemprov Kepri  kembali  membangun fasilitas kesehatan yakni Rumkitban TNI AD  kerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat.

Keberadaan Rumkitban ini nantinya sambung Gubernur Ansar, diharapkan bisa  memberikan pelayanan kesehatan,  tidak hanya kepada anggota TNI AD dan keluarga saja. Tapi juga kepada masyarakat umum yang ada disekitar sini.

“Karena keberadaan rumah sakit Rumtikban juga menjadi sarana pemenuhan prasaran kesehatan masyarakat di Kepri, ” katanya.

Sejauh ini, sarana dan prasarana kesehatan yang tersedia di Kepri, yakni tercatat 54 rumah sakit, 93 puskesmas dan 254 kilinik. Dimana semua ini tersebar di seluruh kabupaten/kota di Kepri, dengan sebagaian besarnya di Kota Batam.

Gubernur Ansar juga berharap, keberadaan Rumkitban akan mampu meningkatkan Indkes Pembangunan Manusia (IPM) khususnya dibidang kesehatan. Sejuah ini indeks IPM Kepri mengalami peningkatan sebesar 0,20 poin.

“Jika pada tahun 2020 IPM kita sebesar 75, 59 persen maka pada tahun 2021 menjadi 75, 79 persen. Dan IPM Kepri ini, menjadi yang teratas untuk regional Sumatera, “tambah Gubernur Ansar.

Mantan Bupati Bintan tersebut berharap, dengan terus membaiknya kualitas kesehatan di Kepri, secara langsung berdampak pada meningkatkan pertumbuhan ekomomi di Kepri. Dimana ekonomi Kepri pada kuartal pertama tahun 2022 tumbuh 2,83 persen, dan kembali naik melejit pada kuartal kedua menjadi 5,01 persen.

Sementara itu Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistianto mengatakan, pembangunan RS Pembantu TNI AD 01.08.03 Kesdam I Bukit Barisan Bengkong Kota Batam ini  sendiri,  terlaksana berkat dukungan penuh Pemerintah Provinsi Kepri.

Diharapkan keberadaan Rumkitban ini nantinya, akan bisa memberikan pelayanan kesehatan bagi kurang lebih 700 an  kepala keluarga anggota dan keluarga TNI AD. Apalagi pembangunan Rumkitban baru ini terus kita maksimalkan. Dengah harapan, agar, Rumkitban ini bisa cepat siap, dan melengkapi layanan yang sudah ada, jelas Brigjen Yudi Yulistianto..

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan Bhkati Sosial TNI bertepatan dengan HUT Kesehatan Angkatan Darat Ke-77  dengan menggelar kegiatan khitanan massal dan pelayanan KB kerjasama dengan BKKBN Provinsi Kepri. ( fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *