2000 Masyarakat Berpenghasilan Rendah di Pemalang Dapat Bantuan pemasangan Akses Air Minum Perpipaan

  • Whatsapp

Pemalang – Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang kembali mendapat kesempatan mengikuti Program Hibah Air Minum untuk yang ke 7 kalinya pada tahun 2021.

Program Hibah Air Minum adalah program Terobosan dalam meningkatkan akses air minum kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dalam bentuk pemberian hibah berbasis kinerja terukur (output based) dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah, yang memiliki tujuan untuk meningkatkan derajat kualitas kesehatan masyarakat yang diprioritaskan bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang belum memiliki akses air minum perpipaan.

Pada tahun 2021 ini Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang melalui Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang mendapatkan kuota sebanyak 2.000 unit sambungan rumah MBR, yang tersebar di 7 Kecamatan di wilayah Kabupaten Pemalang yaitu Kecamatan Pemalang, Kecamatan Bantarbolang, Kecamatan Taman, Kecamatan Petarukan, Kecamatan Moga, Kecamatan Randudongkal, Kecamatan Warungpring.

Adapun ketentuan kriteria penerima manfaat MBR ditetapkan oleh Kepala Daerah, dengan kriteria minimal adalah acuan daya listrik pada rumah tangga penerima MBR adalah ≤ 1.300VA dan 50% diantara target sasaran tersebut memiliki daya listrik ≤ 900VA. Selain daripada itu, calon pelanggan MBR juga bersedia dan memenuhi persyaratan sebagai pelanggan Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang,dan bersedia membayar biaya sambungan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang yaitu sebesar Rp. 580.000,-

Baca Juga :  Atira Farm Supplier Peralatan Kandang Ayam Buka Kantor Baru

Calon pelanggan MBR Program Hibah Air Minum APBN Tahun 2021, melalui PERUMDA Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang sebelumnya sudah melalui tahap pendaftaran yaitu pada bulan Oktober 2020 sampai bulan Desember 2020. Dan pada bulan Januari 2021 sampai bulan Maret 2021 akan dilakukan Baseline Survey oleh konsultan dari Kementerian PUPR. Dimana setelah itu pada bulan April – Juni 2021 akan dilaksanakan pemasangan sambungan rumah bagi pelanggan MBR.

Tahapan selanjutnya yang harus dipenuhi setelah pelaksanaan pemasangan sambungan rumah adalah tahap verifikasi dari konsultan Kementerian PUPR dan terakhir verifikasi dari BPKP.

Guna memberikan gambaran secara detail kepada para calon pelanggan MBR, maka sejak pertengahan bulan Januari 2021 Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang telah mengadakan acara sosialisasi mengenai Program Hibah Air Minum APBN Tahun 2021 bagi calon pelanggan MBR di beberapa wilayah Kecamatan yaitu Kecamatan Moga, Kecamatan Randudongkal, Kecamatan Taman, Kecamatan Petarukan dan Kecamatan Pemalang.

Baca Juga :  Bupati Pemalang Ambil Sumpah Direktur Keuangan dan Teknik Perumda Tirta Mulia

Sosialisasi terakhir di selenggarakan di pendopo Kecamatan Pemalang, pada hari Jumat tanggal 29 Januari 2021 yang dihadiri jajaran Forkompincam Kecamatan Pemalang, Direktur Utama dan Direktur Teknik PERUMDA Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang beserta jajarannya, serta calon pelanggan MBR.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat dan jumlah peserta sosialisasi dibatasi maksimal 30 peserta guna mencegah penyebaran COVID-19.

Dalam kesempatan sosialisasi terakhir di Pendopo Kecamatan Pemalang, Direktur Utama PERUMDA Air Minum Tirta Mulia Slamet Efendi, S.E, M.M menyampaikan bahwa Program Hibah Air Minum APBN Tahun 2021 bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) merupakan program Pemerintah Pusat untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah guna mendapatkan air bersih yg di kelola
oleh PDAM atau Perumda air minum se Indonesia. Termasuk di Kabupaten Pemalang mendapat kuota sebanyak 2000 sambungan rumah.

Baca Juga :  Perumda Air Minun Tirta Mulia Luncurkan AMDK Ajibpol

“Program ini merupakan upaya pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat”

Slamet Efendi, S.E., M.M. berharap masyarakat penerima manfaat dapat memanfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya. Ditambahkan juga bahwa pada Tahun 2021 PERUMDA Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang tengah berbenah dengan melakukan revitalisasi jaringan perpipaan dengan mengganti pipa-pipa yang umurnya sudah lebih dari 35 tahun guna memperbaiki kondisi aliran distribusi air di seluruh wilayah pelayanan dan yang pasti PERUMDA Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang akan selalu berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh pelanggan, pungkas Slamet Efendi. (tris)

Facebook Comments