14 Hari Ops Antik Krakatau, Sat Narkoba Polres Pringsewu Tangkap 33 Tersangka

  • Whatsapp

Pringsewu – Dalam 14 (empat belas) hari Operasi Antik yang dilakukan jajaran Sat Narkoba Polres Pringsewu berhasil meringkus 33 tersangka, yang terdiri 6 orang bandar, 3 orang pengedar, 8 orang kurir dan 18 orang pemakai.

Operasi penangkapan tersebut dilakukan di 4 (empat) kecamatan yakni, Pagelaran, Gadingrejo, Adiluwih dan Sukoharjo.

“Operasi penangkapan ini kita lakukan berdasarkan hasil pengembangan 22 tersangka sebelumnya,” Ungkap Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri yang di dampingi Kasat Narkoba Iptu Khairul Yassin Ariga dalam Konferensi Perss, Jum’at (09/04/21) di halaman Mapolres Pringsewu.

Selain mengamankan pelaku dari 4 kecamatan tersebut, pihaknya juga berhasil meringkus bandar narkotika dari 3 kabupaten yakni, Pesawaran, Lampung Tengah dan Tanggamus.

Baca Juga :  Polri Gelar Lomba Orasi Unjuk Rasa Peringati Hari HAM

“Dari 33 orang tersangka ini dua di antarany merupakan pasangan suami istri dan 7 di antaranya merupakan residivis dangan kasus yang sama,” Jelasnya.

Kasat Narkoba Iptu Khairil Yassin Ariga menambahkan, pasutri yang tetertangkap merupaka wirsawata pembuat cilor, keduanya merupakan pemakai.

“Keduanya mengaku memakai narkoba jenis sabu untuk menambah stamina sebum membuat cilor pada malam hari agar tidak mengantuk,”

Berdasarkan pengembangan dari pasutri tersebut, di ketahui sabu tersebut berasal dari Lapas Way Hui Bandar Lampung.

“Salain dari Lapas Way Hui, anggota polres pringsewu saat melakuan operasi lalu lintas berhasil mengungkapkan bahawa narkotika tersebut berasal dari Kabupaten Lampung Tengah,” Paparnya.

Saat ini Pihak Polres Pringsewu sudah berkoordinasi dengan kepala Lapas Way Hui untuk melakukan pemeriksaan secara rutin terkait pengedaran narkotika di dalam lapas.

Baca Juga :  Kapolri Serahkan Bansos ke Pekerja Seni di Yogyakarta yang Terdampak Pandemi Covid-19

Dalam penangkapan tersebut pihak kepolisian berhasil mengamankan barang bukti berupa, sabu 25,17gr, ganja 0,39gr, satu butir ekstasi dan uang sejumlah Rp. 210.000,-

Para tersangka ini akan di kenai pasal UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, untuk pemakai jeratan hukum minimal 5 tahun maksimal 12tahun kurungan penjara.

“Sementara untuk pengedar dan bandar di kenai pasal 114 KUHP dengan humukan minimal 6 tahun maksimal 20 tahun kurungan penjara, ” Tukasnya.

Kemudian, Kapolres Pringsewu mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat khususnya anak muda, agar tidak menggunakan narkoba jenis apapun, karena efeknya bisa membahayakn diri sendiri dan keluarga sehingga bisa merugikan negara. (Ndi)

Pos terkait